Minggu, 08 Juli 2012

Pemakzulan Ideologi Pancasila


Pemakzulan pancasila dari sisi ideologi

Ada beberapa upaya pemakzulan terhadap pancasila , diantaranya adalah upaya pemakzulan pancasila dari sisi idiologi. Menurut saya upaya pemakzulan  ini tidak lepas dari pemahaman yang dangkal terhadap pancasila dan pemahaman yang dangkal terhadap idiologi orang tersebut atau kelompok tersebut terhadap idiologinya sendiri .
Ulasan ini saya batasi pada  upaya pemakzulan dari kelompok yang meng atas namakan “ Islam “ karena saya berpendapat banyak ideologi lain yang berupaya me makzul kan pancasila.
Mengapa saya berpendapat kelompok yang meng atas nama kan islam , karena islam sendiri tidak pernah bertentangan dengan nilai nilai luhur pancasila. Mereka yang berusaha memakzulkan pancasila adalah karena mereka berpendapat  bahwa hanya negara islam adalah satu satunya negara yang benar  selain islam adalaha salah . hal itu adalah pandangan yang sangat sempit .  karena kita tidak bisa memaksakan semua pandangan orang itu harus sama , harus satu , padahal kita diberi hak oleh Allah untuk berbeda. Bukankah Allah sendiri menciptakan kita juga berbeda.
Kita boleh dan ber hak ber pancasila dalam bernegara ini. Karena tidak ada satu aturan pun yang melarangnya termasuk dalam islam,  selama pancasila itu sendiri tidak bertentangan dengan Islam . karena kalau kita sebagai umat islam mempunyai Prinsip bahwa semua itu boleh kecuali yang dilarang.
Lalu apa salahnya dgn pancasila. Apakah kita tidak boleh menjalankan negara ini berlandas kan pancasila , apakah ada nilai – nilai dalam pancasila yang bertentangan dgn nilai  dan ajaran islam . tentunya tidak ada.
Jadi kesimpulannya;
Mereka yang memakzulkan pancasila dari sisi idiologi islam  adalah karena mereka tidak paham dengan ajaran islam itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar